Untuk Serap Aspirasi Masyarakat & Percepat Program Vaksinasi,Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Turun Gunung

BANDUNG BARAT, JABAR - mediacompersada.com | Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan blusukan ke desa–desa dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dan mempercepat program vaksinasi.

Hengky bakal ngantor di 165 desaKabupaten Bandung Barat (KBB) setiap Selasa, Kamis, dan Jumat. Desa pertama yang ditunjuk jadi tempat kerja Hengky Kurniawan adalah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua.


“Hari ini saya mulai berkantor di desasetiap Selasa, Kamis, Jumat. Sekarang ke desa Kertawangi Cisarua,” kata Hengky Kurniawan, Selasa 19 Oktober 2021.


Suami dari Sonya Fatmala itu menjelaskan Bandung Barat punya pekerjaan rumah mengejar target 100% vaksinasi pada November. Oleh karena itu ia mesti turun langsung agar target itu tercapai tepat waktu.


Selain itu, dengan ngantor di desa, Hengky Kurniawan berharap bisa mendengar langsung masalah-masalah yang dihadapi warga Bandung Barat baik sektor ekonomi, pendidikan, atau pun pelayanan.


“Ini Untuk belanja masalah, menyerap aspirasi masyarakat, dan memotivasi kepala desa untuk terus gempur vaksinasi,” paparnya.


Hengky berharap dengan tercapainya 100% vaksinasi, Bandung Barat bisa segera lepas dari Pandemi Covid-19 dan masuk level 1 sehingga aktivitas masyarakat, kegiatan ekonomi, dan pariwisata bisa berjalan normal kembali.


“Percepatan vaksinasi kita galakkan agar masyarakat bisa terlindungi dan aktivitas ekonomi bisa bangkit lagi. Bismillah kita pasti bisa,” ujarnya


Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengerahkan 481 bidan praktik (PMB) untuk jadi vaksinator Covid-19. Hal itu dilakukan guna mempercepat target 100% vaksinasi pada November 2021.


Saat ini capaian vaksinasi di KBB untuk dosis pertama sudah 57,92%. Sedangkan dosis kedua baru 27,41%.


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, target 100% vaksinasi ditetapkan pada 12 November 2021. Semua stackeholder bakal diterjunkan untuk mencapai target tersebut.


Selain melibatkan unsur TNI dan Polri, serta tenaga kesehatan, percepatan vaksinasi tersebut mendapat tenaga tambahan vaksinator dengan bantuan bidan non pemerintah serta Lini Lapangan KB.


“Kita kerahkan bidan untuk jadi vaksinator guna mencapai target kita,” ujarnya, usai Apel Siaga Dukungan Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Keluarga PMB dan Lini Lapangan KB di Plasa Mekar Sari-Ngamprah, Senin 18 Oktober 2021


Hengky menegaskan, kegiatan vaksinasiyang melibatkan ratusan PMB tersebut merupakan program BKKBN. Ia berharap, bisa disuport lagi untuk percepatan vaksinasi dari BKKBN, apabila KBB masih kekurangan.


Diakuinya, untuk percepatan vaksinasi100 % November tersebut, pihaknya membutuhkan tenaga tambahan sebagai vaksinator. “Makanya kita libatkan (PBM dan Lini Lapangan KB), dengan harapan target tercapai karena sebentar lagi libur akhir tahun,” tegasnya.


Saat ini, perlu diantisipasi gelombang ketiga yang diprediksi pada akhir tahun 2021. Masyarakat diminta tidak lengah namun tetap melakukan vaksinasi. “Walaupun sekarang longgar kita tetap enggak boleh lengah,” tegas Hengky.


Ia juga mengatakan Pemda KBB bertekad untuk bisa turun di level 2 di masa PPKM Covid-19 ini, agar sektor pariwisata bisa dibuka kembali.


“Kita targetkan, mudah -mudahan vaksin kedua 50%, vaksin pertama 100%,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB dr. Eisenhower Sitanggang mengatakan, dukungan BKKBN dalam program percepatan vaksinasi tersebut merupakan penguatan program vaksinasi yang dilakukan selama ini.


“Kekuatan tenaga bidan memang sangat potensial. Karena bidan ini juga, mengelola Posyandu,” ucapnya.


Ia mengatakan Posyandu merupakan kekuatan unit terkecil di masyarakat. Jadi untuk menyapu atau menyisir daerah yang sulit terjangkau, bisa dilakukan oleh para kades Posyandu.


“Mereka akan menyisir warga di daerah-daerah yang belum vaksin. Nantinya, yang sulit ke puskesmas bakal tetap bisa vaksin oleh bidan,” ujarnya


Narasumber Penulis : Fira Nursyabani. Pewarta : Restu Nugraha / Bon’D. Editor Red : GG.

Posting Komentar untuk "Untuk Serap Aspirasi Masyarakat & Percepat Program Vaksinasi,Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Turun Gunung"

Notification