postingan website Blogger.com Tidak Muncul di Google

Cara mengetahui apakah blog/website Anda terindeks oleh Google adalah dengan memasukkan URL blog di kotak pencarian dengan format “site: URL blog Anda”. Jika URL blog tidak ditemukan, tunggu beberapa saat hingga mesin crawler mengindeks blog.

Secara umum, proses Crawl (perayapan) memakan waktu 1-3 hari, tergantung jumlah URL yang di-crawl oleh mesin pencari. Jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan posting blog di-de-index, tidak mudah bagaimana cara cepat mendapatkan posting blog / situs web yang diindeks oleh Google. Berikut beberapa alasan mengapa blog/website tidak terindeks oleh mesin pencari

postingan blogger tidak terindeks
Postingan Tidak terdeteksi dimesin pencariaan google

Kesalahan Pengaturan Pada Robot.txt

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah pengaturan robot.txt. Kelihatannya kecil, tetapi jika Anda melakukan kesalahan saat mengatur robot.txt, dampaknya bagi blog Anda sangat besar, mulai dari artikel yang tidak terindeks oleh Google hingga tidak memiliki pengunjung. Untuk melakukannya, silakan telusuri sebentar di mesin telusur mana pun untuk mempelajari cara menyiapkan robots.txt dengan benar.

Jika sudah, silahkan perhatikan kodenya dan atur sesuai kebutuhan. Saya katakan penyesuaian, karena Anda yang menentukan crawl setiap blog/website. Mesin pencari mana yang harus dirayapi dan mana yang tidak.

Tip: Biasanya ada tag robot noindex di pengaturan, yang berarti blog Anda tidak akan muncul di mesin pencari. Namun, jika tag robot hanya digunakan untuk konten yang dilarang, tidak masalah.

Blog Tidak Didaftarkan Ke Webmaster Tool

Apa itu webmaster tool dan fungsinya, jika masih mood untuk menulis, akan kami jelaskan di artikel lain. Kuncinya adalah Anda belum mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console (GSC) untuk pengindeksan Google atau alat webmaster Bing untuk digunakan dengan Bing. Khusus untuk GSC, blog akan tetap terindeks walaupun belum terdaftar. Ini cocok untuk platform Google seperti blogger dengan blogspot, tentunya waktu crawling lebih lama (wait list).

Untuk blog yang belum pernah terindeks oleh Google atau mesin pencari lainnya, bisa dipastikan kesalahan utamanya adalah tidak terdaftar di webmaster. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat dan mengirimkan peta situs yang berguna untuk menyederhanakan proses perayapan blog. Setelah mesin pencari menyimpan data, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sebelum blog dapat diindeks.

Plagiat (Artikel Duplikat)

Menurut sumber dari website waktubersama.com, Duplikat konten adalah salah satu alasan mengapa Google tidak mengindeks artikel blog/website. Karena Google, sebagai mesin pencari terbaik saat ini, membenci artikel yang diulang-ulang (copy paste). Blog dengan duplikat konten tidak akan tahu artikel mana yang akan diindeks oleh Google. Oleh karena itu, blog tidak akan terindeks sama sekali karena dianggap bot, spam, dan AGC. Oleh karena itu, perbaiki konten Anda sebelum menantikan konten lainnya. Bahkan jika itu menarik, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari pemilik konten asli, atau Anda dapat menggunakan layanan rotasi artikel (tidak disarankan). Untuk memeriksa apakah artikel Anda telah dijiplak, silakan baca alat gratis untuk pemeriksaan plagiarisme (sedang berlangsung).

Info selanjutnya bisa dilihat dari situs resmi 

ABDUL BLOGS ITB

Penyebab Blog Tidak Terindeks Oleh Google

Artikel ini di ambil dari situs RESMI Institut Teknologi Bandung (ITB) BLOGS dan bisa dijadikan referensi.

Posting Komentar untuk "postingan website Blogger.com Tidak Muncul di Google"

Notification