Begini Sejarah Hari Pers

 Salah satu keputusan kongres saat itu mengusulkan agar pemerintah menetapkan pada tanggal 9 Februari yang merupakan hari lahir PWI sebagai hari pers nasional.

Kalian tahu atau tidak pada tanggal 9 Februari sebagai hari pers nasional bertepatan dengan tanggal berdirinya persatuan wartawan Indonesia pada 1946 bertempat di Surakarta PWI menjadi organisasi wartawan pertama di Indonesia.

Inilah sejarah kenapa diadakannya hari pers pada tanggal 9 Februari.

Sejarah hari pers nasional

Hari pers nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan hari lahir persatuan wartawan Indonesia yang disingkat dengan PWI yang didirikan di Surakarta pada tahun 1946.

Pertemuan yang dilaksanakan di sonosuka yang kini menjadi monumen pers Surakarta ini melibatkan banyak tokoh pers pemimpin Surakarta majalah wartawan dan para pejuang wartawan. 

Gagasan hari pers nasional

Gagasan mengenai hari pers nasional baru muncul pada kongres ke-16 PWI di Padang Sumatera Barat pada tahun 1978.

Salah satu keputusan kongres pada saat itu mengusulkan agar pemerintah menetapkan tanggal 9 Februari yang merupakan hari lahir PWI sebagai hari pers nasional berdasarkan catatan Kompas peringatan hari pers nasional pertama kali resmi diselenggarakan pada 9 Februari 1985 berlokasi di gedung utama pekan raya Jakarta.

Diresmikan di era presiden Soeharto meski sudah digagas pada tahun 1946 usulan tersebut tidak langsung disetujui oleh pemerintah yang kala itu dipimpin oleh bapak Soeharto setelah 7 tahun diusulkan presiden Soeharto menyetujui penetapan pada tanggal 9 Februari sebagai hari pers nasional penetapan hari pers nasional diatur dalam keputusan presiden nomor 5 tahun 1985.

Dalam Perpres disebutkan sejumlah alasan penetapan hari pers nasional yaitu demi mengembangkan kehidupan pers Indonesia yang bebas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila.

Puncak Peringatan Hari Pers Basional 2023

Peringatan hari pers nasional pada tahun 2023 kemarin berlangsung di Gedung Serbaguna Pemerintahan Provinsi Sumatra Utara Kabupaten Deli Serang, Kamis, 9 Februari 2023 dimana sebelumnya pada tahun 2022 Peringatan Hari Pers Nasional diselenggarakan di Sulawesi Utara.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam peringatan tersebut beliau menyampaikan ucapan " Selamat hari pers Kepada seluruh insan pers Indonesia diamanapun bapak-ibu dan saudara-saudara berada sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pers nasional atas kontribusinya kepada bangsa dan negara sejak awal awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan dan menjadi penopang utama demokratisasi dan saya mempunyai pengalaman yang dalam dan bersahabat dengan insan pers sejak menjadi walikota menjadi gubernur dan menjadi presiden saya ke sana kemari runtang-runtung saya jalan bareng ke kampung ke pasar ke desa ke nelayan dengan rekan-rekan wartawan dan terbukti insan pers telah membuka harapan orang biasa seperti saya bisa menjadi presiden" dikutip dari Channel YouTube Sekretariat Presiden.

Begitulah sejarah singkat dan fakta menarik tentang hari pers nasional yang dihimpun dari berbagai sumber.



Posting Komentar untuk "Begini Sejarah Hari Pers"

Notification